Posisi – Posisi Dalam Olahraga Sepak Bola

Dalam olahraga sepak bola jumlah pemain terdiri dari 11 orang per tim, masing – masin pemain memiliki tanggung jawab dan posisinya masing – masing pula. Sebuah tim terdiri dari Penjaga Gawang (kiper), bek, gelandang, dan penyerang. Untuk anda yang menggeluti  atau menggemari bidang ini pastinya sudah tidak asing dan mengetahui tugas dan tanggung jawab masing – masing posisi, tetapi untuk orang yang awam terhadap sepak bola pasti merasa asing dengan istilah – istilah berikut maka disini akan dijelaskan mengenai istilah – istilah posisi tersebut.

1. Penjaga Gawang / Kiper (GK)

Posisi penjaga gawang adalah posisi dengan kemampuan khusus. Tugas seorang penjaga gawang adalah mencegah bola masuk ke gawang. Penjaga gawang seringkali menjadi palang pintu terakhir bagi lawan sebelum memasukkan bola ke gawang. Penjaga gawang umumnya memiliki kemampuan yang mutlak dibutuhkan seperti refleks yang baik, kecepatan, postur ideal, dan lain sebagainya untuk mencegah terjadinya gol. Tanpa salah satu dari tiga kriteria di atas, sulit untuk menjadi seorang penjaga gawang.

2. Bek (CB / LB / RB)

Bek tengah (Center Back) berfungsi menjaga sektor tengah pertahanan (dalam beberapa kasus, seperti counter attack disaat bek sayap terlambat kembali, bek tengah bisa menjaga sektor sayap). Mereka hampir setiap waktu berada di bagian belakang permainan bersama dengan penjaga gawang untuk menghindari terjadinya gol. Bek tengah yang memiliki sundulan bagus kadang-kadang maju membantu serangan saat terjadi tendangan bebas dan hampir selalu maju pada saat tendangan sudut. Bek sayap (Left Back / Right Back) berfungsi untuk menjaga sektor pertahanan sayap dan juga bertugas maju untuk membantu serangan tim dari sektor sayap dengan memberikan dukungan serangan maupun melalui umpan kepada penyerang.

3. Gelandang (DM / CM / AM / LM / RM)

Pemain tengah atau gelandang adalah seorang pemain yang posisinya berada di antara para penyerang dan para bek. Fungsi utama mereka adalah mendapatkan dan menjaga penguasaan bola, serta memberikan bola kepada para penyerang. Namun ada juga gelandang yang tugasnya lebih bertahan, dan ada pula yang posisinya hampir seperti seorang penyerang.

  • Gelandang Bertahan (Diffensive Midlefield)

Gelandang bertahan atau disebut juga tukang angkut air, memiliki fungsi menjadi pembangun serangan pertama, perusak permainan lawan, dan pemain pertama yang menghadang serangan balik lawan.

  • Gelandang Sayap (Left Midlefield / Right Midlefield)

Pemain sayap bertugas untuk memberikan dukungan serangan dari sektor sayap dan bertahan sewaktu-waktu apabila timnya diserang oleh lawan.

  • Gelandang Tengah (Center Midlefield)

Pemain tengah bertugas menjaga sektor tengah permainan, mengatur ritme permainan, dan kadang-kadang membantu juga pertahanan, baik di tengah maupun sayap.

  • Gelandang Serang (Attacking Midlefield)

Pemain tengah yang bertugas membantu serangan dari sektor tengah lapangan.

4. Penyerang (CF / SS / LW / RW)

Penyerang merupakan posisi yang paling dekat dengan gawang lawan. Tugas utama seorang penyerang adalah mencetak gol. Posisi penyerang adalah posisi yang membutuhkan tiga hal utama yaitu : kecepatan, teknik, dan bakat. Bila salah satu syarat di atas tidak terwujud, sulit menjadi penyerang yang andal. Penyerang juga membutuhkan konsentrasi, mental dan naluri mencetak gol yang tajam.

  • Penyerang Murni (Center Forward)

Penyerang murni adalah penyerang utama dalam suatu tim yang berfungsi untuk membuat gol untuk timnya. Misalnya Pele, seorang pemain legenda Brazil juga seorang striker yang hebat yang mampu menciptakan gol dalam setiap pertandingan.

  • Penyerang Bayangan (Second Striker)

Penyerang bayangan / trequarista merupakan posisi yang berada dibelakang penyerang murni selain mencetak gol juga untuk memberikan umpan akurat kepada penyerang murni, membuka pertahanan lawan, mengupayakan gol untuk timnya serta membantu pertahanan saat dibutuhkan.

  • Penyerang Sayap (Left Wing / Right Wing)

Penyerang sayap berfungsi selain mencetak gol juga membantu serangan dari sektor sayap dengan memberikan umpan-umpan kepada penyerang murni serta membuka ruang untuk penyerang murni agar dapat mencetak gol.

 

sumber : wikipedia

Posisi - Posisi Dalam Olahraga Sepak Bola

5.0